Tuesday, December 18, 2012

Mentarbiah ke Nak kena TArRBIAH ni ?


Tarbiah islam yang tak seberapa nak tarbiahnya. Nak tarbiah orang, guna kata-kata kesat. Apa Pon Tak Boleh !


HAHAHA! malu der jika AKU begini ~ ni aku nagi PANDUAN yang betol =)

Adab-adab dalam tarbiyah (adab bermajelis, adab penuntut ilmu khususnya adab terhadap guru)


ADAB-ADAB PADA SAAT TARBIYAH
A.      ADAB-ADAB MAJELIS
1.       Memilih majelis
2.       Memperbanyak dzikir
3.       Khuzuu zinatakum
يَا بَنِي آَدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ
4.       Mengucapkan salam kepada hadirin pada saat datang dan pulang
5.       Dimakruhkan menyuruh seseorang berdiri dari tempatnya lalu dia yang menempati majelisnya
6.       Berlapang-lapang di dalam majelis
7.       Jika dia meninggalkan tempat duduknya namun akan kembali lagi maka dia lebih berhak untuk menempati majelisnya yang semula
8.       Anjuran untuk berkumpul pada saat berada di majelis dan tidak berpencar
9.       Tidak memisahkan antara dua orang kecuali telah meminta izin dari keduanya
10.   Duduk di tempat kosong dari majelis
11.   Dibolehkan maju ke depan jika ada yang lowong
12.   Sebaik-baik majelis yang paling luas dan lapang
13.   u
14.   Menutup majelis dengan membaca doa kafarat majelis
Adab adab penuntut ilmu
1.       Ikhlass keada alllah
Barang siapa yang ikhlas dalam menuntut ilmu mka dia akan mendapat pahala yang besar dari Allah dan akan  diberkahi , ilmu yang dituntut itu akan bermafaat terhadap dirinya dan kepada orang lain
                Dalam hadits yan diriwayakn oleh imam muslim bahwsanya rasullah mengatakan 3 orang pertama  kali diputuskan perkaranya di hari kiamat . yaitu seseeorang yang mati syahid kemudian didtangkan dan diperkenalkan nikmat nikmat yg akan didapatkan dan dia mengenalnya , maka ditanya untuk apa engkau mengamalkannya ……………….
  Dalm hadist lain
Barang siapa yang menuntut ilmu yang seharusnya unrtuk mendapatkan wajah alllah dia tidak mempelajarinya kecuali  untuk mendapatkan pershiasan dunia dia tidak akan mendapatkan baunya syurga di hari kiamat

·         Amal : tid ak bergeser kaki seseorang di hari kiamat sampai ditanya empat perkara umurnya untuk apa dia gunakn dan apa yang diamalkan dari ilmunya.danrezki dari mana dia dapatkan dan untuk apa dia gunakn dan jazadny terhadap apa ia gunakan
dan inialah yang sebnag tiasa kiata berlindung dari allah dalam shalat kita jalan orang yang dimurkai
·         Sabar : dalam beribadah kepada alllah kita butuh kesabaran shalat shubuh puasa dll, kita tidak mampu melakukan semuanya tampa kesabaran, terlebih kusus dalm menuntut ilmu karna jiwa ini senantiasa ingi santai , jabir bin abdillah radhiallau anhu menempuh perjalan satu bulan untuk mendengarkan satu hadits
B.      ADAB-ADAB MUTARABBI TERHADAP MURABBINYA
1.       Menjaga kehormatannya
Dan ini juga menunjukkan pentingnya mempelajari ilmu langsung dari seorang guru dan tidak boleh mencukupkan dengan sekedar banyak membaca buku, Imam Auza'i mengatakan : "Dulunya ilmu ini mulia dimana orang-orang mengambilnya dari para guru namun ketika sudah masuk dalam buku-buku maka masuk juga dalam ilmu ini yang bukan ahlinya[1]
=-=-Abdullah bin Abbas radhiyallohu anhuma pernah memegang kendali tali kekang hewan tunggangan Zaid bin Tsabit t, ketika Zaid menegurnya karena merasa risih dengan perbuatan dari sepupu Rasulullah e tersebut yang menurutnya agak berlebihan maka Ibnu Abbas radhiyallohu anhuma menyela, “Beginilah kami diperintahkan untuk berlaku di hadapan ulama dan orang yang lebih tua dari kami” [2]
=- كذلك تعظيم حرمتهم والرد على من يغتابهم أو يتكلم فيهم، فإن عجز الإنسان عن ذلك يجب عليه أن يقوم ويفارق المجلس، لا يجلس مع أناس يتكلمون ويلغون في أعراض العلماء.

=- mungkin guru mengajita
2.       Menulis penjelasan murobbi

قال عُمَر بْن الْخَطَّابِ :  قَيِّدُوا الْعِلْمَ بِالْكِتَابِ
      Umar bin Khattab berkata, “Ikatlah ilmu dengan tulisan”[3]
قال الشعبي: "إذا سمعت شيئاً، فاكتبه، ولو في الحائط".
Beliau juga pernah menasihatkan kepada seorang muridnya, “Janganlah engkau pernah meninggalkan suatu ilmu kecuali engkau menulisnya...”
عن ابن عمر رضى الله عنهما أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال:
"إنما مثل صاحب القرآن كمثل صاحب الإبل المعقلة، إن عاهد عليها، أمسكها، وإن أطلقها، ذهبت".
=-( قال أبو بكر الخطيب في ((تقييد العلم)):
... قال المبرد: نظر أعرابي إلى رجل وهو لا يسمع شيئاً إلا كتبه فقال: ما تترك نُقارة إلا انتقرتها، ولا نُماصة إلا انتمصتها، وإنك لمَلْقَفَةُ الكلمة الشرود.

=-ال المعتمر بن سليمان التيمي: كتب إليَّ أبي وأنا بالكوفة: اشتر الصحف واكتب العلم، فإن المال يفنى والعلم يبقى.
=-ال أبو هلال: قالوا لقتادة: نكتب ما نسمع منك؟ قال: وما يمنعك أن تكتب وقد أخبرك اللطيف الخبير أنه يكتب، (قَالَ عِلْمُهَا عِندَ رَبِّي فِي كِتَابٍ لَّا يَضِلُّ رَبِّي وَلَا يَنسَى)



3.       Menghormatinya :
a.       Tawadhu’ kepadanya
Tdk menjawab pertanyaan kalau tidak di[ersilakan
b.      Mengagungkannya

عن عبادة بن الصامت t مرفوعا : ] ليس منا من لم يجلَّ كبيرنا ويرحم صغيرنا ويعرف لعالمنا حقه [
Dari Ubadah bin Shomit t bahwa Rasulullah e bersabda, “Tidak termasuk golongan kami seorang yang tidak menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi orang yang lebih muda serta tidak mengenali hak dari orang alim diantara kami” (HR. Ahmad dan Hakim serta haditsnya dinyatakan hasan oleh Syaikh Albani dalam Shohih Al Jami’ Ash Shoghir)
·        (لا تجعلوا دعاء الرسول بينكم كدعاء بعضكم بعضاً
=- عن أبي عبيد القاسم بن سلام أنه قال: ما دققت على محدث بابه قط، بل كنت أصبر حتى يخرج إلي، وتأولت قول الله تعالى: { وَلَوْ أَنَّهُمْ صَبَرُوا حَتَّى تَخْرُجَ إِلَيْهِمْ لَكَانَ خَيْراً لَهُمْ } [الحجرات:5]
=- وروى الخطيب بسنده عن عبيد الله بن عبد الكريم قال: سمعت أحمد بن حنبل وذكر عنده إبراهيم بن طهمان وكان من علماء السلف ، وكان متكئاً من علة، الإمام أحمد كان يؤلمه جسده فكان متكئاً فلما ذكر إبراهيم بن طهمان ، اعتدل فاستوى جالساً، فقال: لا ينبغي أن يذكر الصالحون ونحن متكئون.
=- وقال الشافعي : "كنت أصفح الورقة بين يدي مالك صفحاً دقيقاً، هيبة لها، لئلا يسمع وقعها"

c.       Berusaha semaksimal mungkin untuk berkhidmat kepadanya
=-Imam Syu’bah bin Hajjaj (wafat tahun 160 H) berkata, “Jika saya telah mendengar sebuah hadits dari seseorang maka saya menjadi seperti budaknya selama dia masih hidup” [4]
كان أحد السلف يجمع ويحفظ من أخذ عنه من أهل العلم فيدعو لهم كل ليلة واحداً واحداً قبل أن ينام، والتواضع لهم، والقيام على خدمتهم

d.      Tidak mendahuluinya dalam tindakannya
4.       Bermulazamah kepadanya untuk mengambil faidah dari ilmu dan adabnya
·         Seorang tabi’in yang mulia Ibrahim An Nakha-i (wafat tahun 96 H) berkata, “Kami mendatangi Masruq lalu belajar dari akhlak dan budi pekertinya
·         Abdullah bin Wahab mengatakan, “Adab yang saya pelajari dari Malik lebih utama dari ilmunya
·         Dari Husain bin Ismail dari Bapaknya, beliau menceritakan, “Majelis Imam Ahmad dihadiri oleh sekitar 5000 lebih orang, hanya sekitar 500 orang yang menulis selebihnya hadir untuk sekadar mempelajari adab dan perilaku dari beliau” [5]
·          

5.       Beradab pada saat duduk di depannya dengan cara mengonsentrasikan pemikiran dan seluruh panca indranya terhadap murobbi
Beradab pada saat bertarbiyah dan berkonsentrasi dalam menerima materi tarbiyah
·         Hasan bin Ali radhiyallohu ‘anhuma menasihati anaknya, “Wahai anakku jika engkau menghadiri majelis para ulama maka hendaknya engkau lebih semangat mendengar ketimbang berbicara, belajarlah dengan baik sikap diam dan jangan engkau memotong pembicaraan seseorang hingga dia berhenti berbicara
قال الخطيب البغدادي رحمه الله تعالى(1):
·       "حق الفائدة أن لا تساق إلا إلى مبتغيها، ولا تعرض إلا على الراغب فيها، فإذا رأى المحدث بعض الفتور من المستمع، فليسكت، فإن بعض الأدباء قال: نشاط القائل على قدر فهم المستمع".
·       كتاب الرسالة للشافعي ، قال بعض العلماء: قرأتها قرابة خمسمائة مرة، ما قرأتها مرة إلا وظهر لي فيها أشياء جديدة،

6.       Bersabar terhadapnya
Anjing
Ada yang suka meludah
Mendengarkan dibalik tembok

الصبر على جفوة الشيخ قد يكون الشيخ مثلاً فيه جفوة أو شدة، والناس خلقوا على طباع مختلفة، فيهم الشديد والسهل واللين، والعلماء من البشر قد يقع عند بعضهم شيء من هذا، قد يكون مثلاً عنده خلق لا يرضى بعض الطلبة أو عنده شدة أو حدة، بعض العلماء كانوا مشهورين بالحدة.
قال بعضهم عن شيخ الإسلام رحمه الله: كان له حدة يقهرها بالحلم حليم يقهر الحدة، وكان له حدة تعتريه حال البحث والسؤال والمناظرة، فيتحمل الطالب إذا شد عليه الشيخ ولا يتركه ويذهب، لا.

7.       Berprasangka baik kepadanya
8.       Menyimak dengan baik penjelasan murobbi walaupun dia telah mengetahui dan pernah mendengarkan penjelasan tersebut sebelumnya
9. قول عطاء : إني لأسمع الحديث من الرجل وأنا أعلم به منه، فأريه من نفسي أني لا أحسن منه شيئاً،
10.      وعنه قال: إن الشاب ليتحدث بحديث فأسمع له كأني لم أسمعه من قبل، ولقد سمعته قبل أن يولد.
·         Imam abu hanifah

11.   Tidak malu untuk bertanya, dengan memperhatikan hal-hal berikut :
a.       Bertanya dengan cara yang baik dan lembut
b.      Tidak bertanya tentang hal-hal yang tidak berhubungan dengan materi kecuali diizinkan
c.       Tidak mengulang-ulangi pertanyaan jika murobbi diam dan tidak melayaninya
d. قال ابن القيم رحمه الله تعالى(1):
e.      "وقيل: إذا جلست إلى عالم، فسل تفقها لا تعنتاً
f.        Mengoreksi dengan cara yang lembut jika murobbi salah dalam jawabannya
وقل: ما رأيك في الفتوى بكذا، ولا تسم أحداً.

وللعلم ست مراتب:
أولها: حسن السؤال.
الثانية: حسن الإنصات والاستماع.
الثالثة: حسن الفهم.
الرابعة: الحفظ.
الخامسة: التعليم.
السادسة: وهى ثمرته، العمل به ومراعاة حدوده. أ هـ
=- قضية السؤال لوحدها أدب قائم بنفسه في العلاقة بين طلبة العلم والعلماء، قال عليه الصلاة والسلام: ( هلا سألوا إذ لم يعلموا، فإنما شفاء العي السؤال ) ما الذي يشفي الجهل ويذهب الحرج؟ سؤال تقع في مسألة أو مأزق، ولا تعرف كيف تتصرف، ما هو الحل؟ السؤال، ولهذا قال بعض السلف : "العلم خزائن، والسؤالات مفاتيحها"، وقيل: "حسن السؤال نصف العلم"، ومع ذلك نهى الرسول صلى الله عليه وسلم أناساً آخرين بعدما أمر أناساً بالسؤال، فقال: ( أنهاكم عن قيل وقال، وكثرة السؤال، وإضاعة المال )، وقال عليه الصلاة والسلام: ( إياكم وكثرة السؤال، فإنما هلك من قبلكم بكثرة السؤال ) هل بين هذه الأحاديث تعارض؟ كلا.
فإنما أمر في الحالة الأولى بالسؤال لمن كان قصده بالسؤال علم ما جهل، جاهل يريد أن يتعلم، لا بد أن يسأل، ونهى في الحالة الثانية عن السؤال إذا قصد بالسؤال إعناف من يسمع منه، أو كان السؤال في غير موضعه، أو المقصود بالسؤال إثارة الشبهات والشكوك، فعند ذلك لا يجوز السؤال، وقيل لـ ابن عباس : بم نلت هذا العلم؟ فقال: [ بلسان سئول، وقلب عقول ].
يقول: والله هذا الجواب صعب، دعنا نسأل آخر ونرى ماذا عنده! أو تأتي تقول: سألت الشيخ فلان، يقول: يا شيخ، دعه فإنه متشدد، اسأل فلاناً الذي في المسجد الفلاني.


12.   Tidak berlagak  pintar di hadapan murobbi
=- عن الشافعي رحمه الله تعالى، كان لا يظهر عليه أنه يعرف الأشياء، لذلك من الخطأ أن تجد بعض طلبة العلم في الحلقات يظهر أنه متشاغل وأن هذا كلام معاد ومكرر، فلا يصغي وينشغل ويظهر أنه يعلم الأشياء التي تقال، وبالتدبر قد يظهر للإنسان في الشيء المعاد أشياء لم تظهر له من قبل.

احذر أن تكون "أبا شبر"(1).
13.      فقد قيل: العلم ثلاثة أشبار، من دخل في الشبر الأول، تكبر ومن دخل في الشبر الثانى، تواضع ومن دخل في الشبر الثالث، علم أنه ما يعلم.

14.   Mendatangi halaqah walaupun jauh
   Imam Malik رحمه الله menegaskan :
الْعِلْمُ يُؤْتَى وَلاَ  يَأْتِيْ
Ilmu didatangi bukan mendatangi.
èAbdullah bin Abbas رضي الله عنهما menceritakan : "Ketika wafat Rasulullah r saya berkata kepada seorang dari kalangan Anshar : 'Ayo kita pergi ke para sahabat Rasulullah r karena hari ini jumlah mereka masih banyak' Laki-laki Anshar itu berkata : "Sungguh menakjubkan engkau wahai Ibnu Abbas apakah engkau menyangka orang akan membutuhkanmu padahal di tengah manusia masih banyak sahabat-sahabat (yang besar)?! . Orang Anshar itu tidak memenuhi ajakannya maka aku pergi untuk bertanya kepada sahabat Rosulullah r tentang hadits; (suatu hari) saya mendengar ada seorang diantara mereka memiliki hadits maka saya mendatangi pintu rumahnya sementara dia sedang tidur siang maka aku bersandar pada pintunya beralaskan selendangku, hingga angin berhembus meniupkan tanah padaku. Pada saat sahabat itu telah terbangun dan keluar dari rumahnya lau berkata : 'Wahai sepupu Rasulullah apa yang membuatmu datang ke sini, mengapa engkau tidak mengutus seseorang agar aku yang mendatangimu!" Ibnu Abbas berkata : "Sayalah yang harus mendatangimu", lalu beliau bertanya tentang hadits..." [6]
 Hal ini disebabkan oleh mulianya pahala orang yang mengadakan perjalanan untuk menuntut ilmu sebagaimana dalam suatu hadits :
[ وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ  ]
Dan barangsiapa yang menjalani sebuah jalan untu mencari ilmu maka Allah memudahkan baginya jalan menuju ke surga (HR. Muslim)


[1]  Lihat : Hilyatu Tholib Al 'Ilm (hal 33)
[2]  Ath Thobaqatul Kubro (2/360), Tarikh Ad Dimasyq (19/326), Shifatush Shofwah, Siyar A’lamin Nubalaa(2/437), Al Ishobah,
[3] Imam Ad Darimi meriwayatkan atsar ini dalam As Sunan, juga beliau meriwayatkan perkataan ini dari Anas bin Malik dan Abdullah bin Umar, sebagian ulama meriwayatkan perkataan ini secara marfu’ kepada Rasulullah e dan dinyatakan shohih oleh Albani dalam Silsilah Ash Shohihah disebabkan banyaknya jalur periwayatan yang ada)
[4]  Jami’ Bayan Al Ilmi wa Fadhlihi
[5]  Siyar A’lamin Nubalaa (11/316)
[6]  Diriwayatkan oleh Imam Al Hakim dalam Al Mustadrak (1:188-189 no. 363)

No comments:

Post a Comment